Manfaat Membatasi Penggunaan Media Sosial Bagi Kesehatan Mental, Rasakan Hasilnya!

Wpfreeware 2022-11-23 09:55:21 Health

(FOTO: pexels)

Di era serba teknologi ini, setiap orang tidak terlepas dari penggunaan media sosial, seolah memiliki dunia tersendiri kebanyakan orang tak sadar apa saja dampak berselancar media sosial, apalagi jika penggunanya tidak terkendali dengan baik, hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Semakin kita sering menggunakan media sosial bukan tidak mungkin membuat penggunanya menjadi kecanduan, hal ini perlu anda hindari jika tidak ingin memperburuk kondisi kesehatan terutama kesehatan mental anda.

Walaupun ada beberapa orang dalam pekerjaannya berkaitan dengan media sosial, namun penggunaannya harus tetap dibatasi. Karena hal ini akan mengganggu beberapa aspek lain terutama dalam aktivitas anda sehari-hari atau interaksi sosial.

Dalam penggunaannya orang-orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di media sosial, mereka tidak ingin ketinggalan informasi, atau apa yang sedang trend. Disamping itu, beberapa orang ada yang khawatir dengan pencapaian di media sosial seperti jumlah like, comment dan seberapa banyak postingan tersebut dilihat.

Lantas bagaimana cara kita untuk membatasi penggunaan media sosial. Jawabannya dengan membatasi serta mengatur ulang penggunaannya, misal penggunaan media sosial hanya di jam tertentu, termasuk durasi yang juga harus dibatasi.

Ada juga cara lainnya yakni dengan detoks media sosial, dimana dalam jangka waktu tertentu anda stop penggunaan media sosial, cara ini tidak mudah bagi yang sudah kecanduan, namun hasil yang diperoleh akan mengubah banyak aspek dalam kehidupan, setidaknya ada berbagai manfaat yang diperoleh.

Pertama, kualitas tidur menjadi meningkat, dimana penggunaan media sosial bisa menyebabkan FOMO atau fear of missing out ini mengakibatkan waktu tidur menjadi terganggu. Pasalnya penggunaan media sosial cenderung tidur lebih larut sehingga waktu dan kualitas tidur berkurang. Dengan membatasi penggunaan media sosial membantu penggunaannya bisa tidur lebih nyaman.

Selanjutnya mengurangi stres, menghindarkan dari depresi dan kecemasan adalah manfaat yang bisa anda peroleh jika konsisten membatasi penggunaan media sosial. Adapun batasan yang diperlukan yaitu menggunakan media sosial menjadi 10 menit per hari selama 3 minggu, ini terbukti bisa mengurangi gejala depresi dan rasa kesepian.

Maka dari itu, membatasi penggunaan media sosial bisa meningkatkan kualitas hidup, dari yang tadinya mengganggu aktivitas sehari-hari hal ini akan berubah dengan banyak manfaat bagi diri sendiri, seperti berinteraksi dengan orang lain secara langsung, menghabiskan waktu di dalam dan lingkungan sekitar, dan melakukan kegiatan self-care untuk diri sendiri.

Comment

Similar Post You May Like